Pages

Subscribe:

Selasa, 22 November 2011

Kebudayaan Padang

Kota Padang adalah kota terbesar di pesisir barat pulau Sumatra dan merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Sejak masa kolonial Hindia-Belanda, kota Padang telah menjadi pelabuhan utama dalam perdagangan emas, teh, kopi dan rempah-rempah.memasuki abad ke-20, ekspor batu bara dan semen mulai dilakukan melalui Pelabuhan Teluk Bayur.
Nama kota ini dirujuk menjadi sebutan lain untuk etnis Minangkabau, serta digunakan untuk menyebut masakan khas mereka, yang pada umumnya dikenal dengan nama “Masakan Padang”. Salah satu masakannya adalah “Rendang”. Selain Rendang, kota ini juga terkenal akan masakannya.selain menjadi selera sebagian besar masyarakat Indonesia, masakan ini juga populer sampai ke mancanegara. Makanan yang populer diantaranya seperti Gulai, Ayam Pop, Terung Balado, Gulai Itik Cabai Hijau, Nasi Kapau, Sate Padang dan Kerupuk Sanjai. Restoran Padang banyak terdapat di seluruh kota besar di Indonesia.
Kota ini memiliki sebuah museum yang terletak di pusat kota yang bernama “Museum Adityawarman”. Museum ini mengkhususkan diri pada sejarah dan budaya suku Minangkabau, suku Mentawai dan suku Nias. Museum ini memiliki 6000 koleksi, dengan gaya arsitektur bangunannya berbentuk rumah adat Minangkabau (Rumah Gadang).
Salah satu tradisi adat Minangkabau yaitu persembahan dalam upacara pemakaman masih dilaksanakan pada salah satu kecamatan di Sumatra Barat.di beberapa kecamatan ada yang menyebut tradisi ini dengan nama tradisi Silat Pauh (Silek Pauah). Selain itu di kota Padang juga terdapat beberapa pantai, salah satunya adalah Pantai Air Manis. Di sana terdapat kisah Malin Kundang yang berkisah tentang seorang anak yang durhaka pada ibunya dan karena itu dikutuk menjadi batu. Sebentuk batu di Pantai air Manis, Padang, konon merupakan sisa-sisa kapal Malin Kundang.

0 komentar:

Posting Komentar